Memilih Pembalut Yang Tepat Saat Menstruasi

pembalutPada wanita dewasa, menstruasi adalah hal yang lazim terjadi setiap bulan. Saat-saat menstruasi bisa jadi enimbulkan banyak perubahan prilaku, mood dan gairah. Hal ini terbilang wajar. Satu hal yang sering luput dari perhatian wanita adalah, bagaimana tetap menjaga kebersihan organ intim saat menstruasi. Memilih pembalut saat menstruasi, akan sangat penting untuk menghindari penyakit berbahaya.

Banyaknya merek pembalut wanita, seringkali membingungkan. Pertanyaan baru yang muncul adalah, apakah semua pembalut wanita aman digunakan? Ragam berita menampilkan, penambahan bahan kimia pada pembalut wanita yang membahayakan, hal ini terntu dilematis pada wanita, mengingat pembalut adalah kebutuhan utama wanita setiap bulannya. Memilih pembalut saat menstruasi berkaitan langsung dengan menjaga kebersihan organ intim, hal ini perlu perhatian khusus oleh wanita.
Memilih Pembalut Saat Menstruasi Yang Bebas Bahan Kimia

Dioksin diduga sebagai bahan kimia yang kerap ditambahkan pada pembalut. Alih-alih menjaga kebersihan saat menstruasi, kehadiran dioksin pada pembalut justru menimbulkan kekhawatiran baru, yaitu masalah kesehatan. Memilih pembalut saat menstruasi, kadang sulit, karena produsen pembalut kerap mengemas pembalut dalam kemasan cantik dan iklan yang menarik.

Dioksin sering digunakan untuk memutihkan kertas. Sebagian produsen pembalut, menggunakan kertas daur ulang, yang kemungkinan besar tidak berwarna putih. Kegunaan dioksin adalah untuk memutihkan kertas tersebut. Walaupun ada banyak cara untuk mengetahui kehadiran dioksin, sehingga memudahkan dalam memilih pembalut saat menstruasi, namun banyak wanita tidak sempat melakukannya.

Efek dari pembalut yang mengandung dioksin pun kadang tidak langsung dirasakan. Pada beberapa wanita, yang mengalami gatal-gatal dengan pembalut tersetu, bisa jadi terkena imbas dioksin tersebut. Beberapa ahli kesehatan memaparkan, kemungkinan adanya demam ringan, akibat campuran dioksin dan bakteri yang merekat pada organ intim.

Tidak hanya dioksin, pembalut dengan bahan dasar kertas pulp atau daur ulang juga sebaiknya dihindari. Anda bisa melihatnya dengan cara merobek bagian dalam pembalut, kemudian dilarutkan pada air lalu diaduk. Pembalut dengan bahan dasar pulp akan hancur dan menyisakan warna keruh pada air. Dengan dua permasalahan ini, memilih pembalut saat menstruasi bisa jadi dikatakan hal yang butuh kejelian dan perhatian khusus.
Menjaga Kebersihan Organ Intim Selama Masa Menstruasi

Tidak hanya memilih pembalut saat menstruasi yang harus diperhatikan, wanita juga harus senantiasa menjaga kebersihan organ intimnya selama menstruasi. Bakteri sangat menyukai keadaan lembab saat menstruasi, oleh karena itu, memilih pembalut saat menstruasi tidak hanya sebatas pada pembalut bebas dioksin, tetapi juga pembalut dengan daya serap yang tinggi. Pembalut dengan daya serap tinggi, tidak akan terlalu lembab pada bagian permukaannya.

Selain berdaya serap tinggi, pembalut yang dipilih sebaiknya bebas dari bahan pewangi. Bahan pewangi termasuk ke dalam bahan kimia yang juga berbahaya jika bersentuhan langsung dengan organ intim. Di samping itu, pembalut dengan bahan yang lembut dan lentur akan baik untuk menjaga iritasi kulit.

Mengganti pembalut pun harus dilakukan sesering mungkin. Darah kotor adalah tempat kembang biak bakteri yang sangat potensial. Bakteri bisa saja masuk ke dalam organ intim, dan menyisakan penyakit infeksi di dalamnya. Sekali lagi, memilih pembalut saat mentruasi memang terlihat simple, namun butuh perhatian khusus.

Source : http://www.manjur.net/21/02/2013/tips-memilih-pembalut-saat-menstruasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s