Kesalahan Perawatan Miss V

PERAWATAN MISS VMiss V adalah salah satu aset yang penting bagi wanita. Bila perawatannya salah, mungkin Anda tak akan merasakan dampaknya sekarang, namun bisa jadi memberikan efek jangka panjang di masa mendatang, bahkan resiko kanker.

Nah, sudahkah perawatan yang Anda lakukan tepat? Untuk menghindari resiko yang tak diinginkan, ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan merawat miss V berikut ini.

1. Menggunakan Sabun Pembersih Setiap Hari

Ada baiknya Anda mulai mengurangi penggunaan sabun pembersih miss V secara harian/rutin. Hal ini untuk menjaga keasaman alami miss V dan bakteri baik yang melindunginya. Bahkan menurut Elizabeth Steward, seorang direktur dari Vulvovaginal Service di Harvard Vanguard Medical Association, AS, wanita tidak perlu menggunakan sabun pembersih dan penyegar.

Bila Anda merasa gatal, bersihkan miss V dengan air hangat, kemudian basuh dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih. Gunakan pakaian dalam yang bersih setelahnya.

2. Penggunaan Pantyliner/Pembalut

Kebanyakan wanita masih kurang kesadaran untuk mengganti pantyliner atau pembalutnya secara rutin. Idealnya, wanita perlu mengganti pembalut setiap 3 jam sekali di beberapa hari pertama dan 6 jam sekali menjelang akhir masa menstruasi. Sedangkan untuk penggunaan pantyliner, sebaiknya diganti setiap 6 jam sekali.

Hal ini untuk mengurangi kelembaban berlebih di area vagina, karena dapat menimbulkan resiko keputihan dan tidak nyaman.

3. Menggunakan Bedak di Area Miss V

Bagi beberapa wanita, mereka merasa perlu menggunakan bedak di sekitar lipatan paha untuk mengurangi gerah. Namun sebenarnya tindakan ini cukup beresiko karena penggunaan jangka panjang bisa membahayakan kesehatan miss V. Sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang berbahan katun dan menghindari celana dalam maupun celana bawahan yang ketat.

Selain itu, hindari terlalu lama duduk sambil melipat kaki (kaki satu bertumpu di kaki yang lain), Hal ini juga potensi membuat area miss V tidak nyaman dan berkeringat. Pose melipat kaki juga tidak disarankan karena mengganggu sirkulasi darah yang penting di sekitar area duduk Anda (paha, pinggul dan punggung bawah).

4. Tak Memperhatikan Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi merupakan indikasi kondisi kesehatan miss V. Bila Anda mengalami flek sebelum menstruasi atau mengalami menstruasi terlambat, atau bahkan belum juga menstruasi dalam sebulan atau dua bulan, hal ini menjadi bahasa tubuh Anda bahwa ada sesuatu yang salah.

Mungkin hal ini bisa jadi gejala dari stres ringan, namun bisa juga menjadi gejala penyakit. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pengarahan dan tips mengatasinya.

Ada baiknya Anda mulai mencoba mengecek kondisi Anda dan membiasakan kebiasaan baik dalam merawat Miss V. Perawatan yang tepat akan menjauhkan Anda dari berbagai masalah kesehatan.

Source : http://www.vemale.com/kesehatan/22250-kesalahan-perawatan-miss-v-yang-perlu-diketahui-wanita.html

One thought on “Kesalahan Perawatan Miss V

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s