Masalah Kesehatan Ancam Pengguna High Heels

high heelsDalam dunia fashion, sepatu high heels masih menjadi favorit dinatara banyak model sepatu lainnya. Selain bentuknya yang dapat mempercantik kaki, penggemar high heels juga memanfaatkannya untuk menambah tinggi badan, sehingga bisa terlihat lebih proposional. Dengan semakin banyaknya penggemar sepatu high heels, menyebabkan model sepatu ini pun kian beraneka ragam, dengan aneka merek. Dan, banyak wanita rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapatkan high heels yang disukainya.

Keindahan sepatu high heels, terkadang tidak juga disertai dengan kenyamanannya saat dipakai. Terkadang pengguna high heels mengeluh sesaat sesudah mengenakan high heels. Keluahan tidak hanya berupa kaki yang letih, tetapi juga keluhan lain seperti keseleo, lecet dan lainnya.

Sebuah penelitian, yang melibatkan peneliti di Queensland, Griffith University Australia, pernah melakukan penelitian terkait penggunaan haigh heels pada wanita.Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara pengguna aktif sepatu high heels dengan pengguna aktif sepatu flat. Dalam penelitiannya, di dapatkan hasil yang kurang baik pada pengguna aktif sepatu high heels.
Perubahan Cara Berjalan Akibat Sepatu High Heels

Kira-kira inilah hasil dariu penelitian Griffith University Australia di atas. Pengguna rutin sepatu high heels, cenderung mengalami perubahan pola dan cara berjalan. Menurut peneliti, wanita pengguna aktif high heels, akan memiliki cara berjalan yang berbeda dengan tekanan yang berbeda bahkan saat mereka tanpa menggunakan alas kaki sekalipun.

Dikutip dari http://www.jaringnews.com pengguna aktif sepatu high heels, posisi kaki dan tumit saat menggunakan sepatu high heels akan menjadi standar baru bagi sendi dan struktur bagian dalam kaki. Wanita ini juga seringkali mengalami tekanan otot yang mengakibatkan kelelahan otot dan cedera regangan.

Hal ini tentu berbeda dari wanita pengguna sepatu flat. Karenanya peneliti menyarankan kepada wanita penggemar high heels untuk juga menyediakan ruang agar kaki bebas dari tekanan, dengan sesekali menggunakan sepatu flat.
Perubahan Struktur Tulang dan Postur Tubuh

Penggunaan high heels dalam jangka waktu lama juga berpengaruh pada struktur tubuh dan struktur tulang. Beberapa ahli mengatakan, kecenderungan seseorang saat menggunakan high heels adalah memaksa tubuh berdiri dengan postur ke belakang.

Pada dasarnya, wanita dengan sepatu high heels, akan lebih condong berpostur ke depan, hal ini disebabkan karena adabnya posisi kaki yang tidak sejajar. Penggunaan high heel mengharuskan wanita menahan keseimbangannya, dengan menarik tubuhnya ke belakang. Selain menimbulkan ketegangan pada tubuh, hal ini juga tudak baik dilakukan secara terus menerus.

Begitu juga pada bentuk tulang belakang. Pada umumnya bentuk tulang belakang manusia adalah S. Beberapa penelitian menyebutkan, penggunaan rutin sepatu high heels berpotensi merubah struktur tulang tersebut. Hal ini disebabkan karena high heels juga memberikan tekanan pada tulang bagian belakang.

Karenanya, disarankan untuk lebih berhati-hati ketika menggunakan high heels. Perlu diperhatikan kenyemanan dan kecocokan kaki. Membeli sepatu high heels, sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh karena trend atau harga yang sedang murah. Tetapi perlu diingat kemanfaataan pada penggunaannya.
Agar Tetap Sehat dengan Sepatu High Heels

Berikut beberapa saran yang dapat digunakan saat menggunakan sepatu high heels:

Gunakan sepatu high heels pada even even yang memang benar-benar diperlukan. Memilih moment yang tepat untuk menggunakan sepatu high heels adalah penting. Karenanya, untuk kegiatan yang membutuhkan mobilitas tinggi, seperti di kantor tidak begitu disarankan menggunakan sepatu high heels terlalu sering. Penggunaannya juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil

Bagi pengguna high heels aktif, sesekali lepaslah sepatu dan lakukan relaksasi otot. Menarik otot-otot kaki bisa melancarkan peredaran darah. Pengguna juga disarankan untuk meluruskan kaki saat tidur, agar aliran darah bisa menjadi lebih baik.

Menggunakan sepatu high heels yang sama dalam waktu yang lama, juga kurang baik bagi kaki. Cobalah untuk mengganti sepatu high heels anda dengan high heels lainnya agar kaki mengalami perubahan suasana. Jangan lupa juga untuk menggunakan stoking atau kaus kaki untuk menghindari kelembaban pada kaki, yang berakibat buruk pada kesehatan kaki.

Sesekali, boleh juga melakukan relaksasi ke salon. Melakukan perawatan kaki, berupa pedicure dan menicure akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan kaki anda setelah lama digunakan dalam sepatu high heels. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk ke salon, maka perawatan di rumah bisa juga dilakukan. Rendamlah kaki dalam air hangat, untuk memberikan relaksasi lebih pada kaki.

 

Source : http://www.manjur.net/26/12/2012/ancaman-kesehatan-pada-sepatu-high-heels

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s